Pada masa pandemi siswa harus belajar dengan terpaku layar monitor, dengan seperti itu guru dapat memanfaatkan teknologi seperti membuat video pembelajaran. Penelitian ini yang bertujuan mengetahui perbedaan penerapan penggunaan tidak menggunakan video pembelajaran dan menggunakan video pembelajaran serta mengetahui kesesuaian karakteristik belajar siswa dalam penggunaan video pembelajaran di sekolah dasar. Tempat penelitian di SDN Grogol 05 Pagi pada Februari - Mei 2022. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Pengumpulan data teknik triangulasi yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Pada pengumpulan data peneliti langsung ke lapangan untuk meneliti untuk mendapatkan data yang aktual. Hasil penelitian ini bahwa proses kegiatan belajar mengajar pelajaran PPKn di kelas 3 SDN Grogol 05 Pagi berlangsung dengan baik dan lancar. Siswa siswi pun akan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, dapat pula meningkatkan motivasi. Pada pembelajaran PPKn materi cara mengajak anggota rumah membersihkan rumah dan sekitarnya mengerjakan tugas menggambar dapat melatih tingkat kreativitas yang tinggi. Disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi software wondershare filmora pada video pembelajaran materi cara mengajak anggota rumah dan sekitarnya kelas 3 di SDN Grogol 05 Pagi dapat meningkatkan semangat ketika belajar. Karakteristik belajar siswa yang terbentuk dari penggunaan aplikasi software wondershare filmora pada video pembelajaran materi cara mengajak anggota rumah dan sekitarnya didapatkan hasil karakteristik anak yang disiplin, tanggung jawab, kreatif, imajinatif
Copyrights © 2022