Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen
Vol 9, No 2 (2022): JULI : AL KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN

PENGARUH GENDER, PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Nida Putri Rahmayanti (SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PANCASETIA BANJARMASIN)
Anthonius J Karsudjono (SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PANCASETIA BANJARMASIN)
Muhammad Zaid Abdurrakhman (SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PANCASETIA BANJARMASIN)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel gender, pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan publik dengan niat menjadi variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan cara kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji path analysis dengan alat analisis SPSS versi 26. Populasi pada penelitian ini mahasiswa jurusan akuntansi yaitu 770 orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, sehingga didapat sampel 202 orang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa gender, pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk berkarir menjadi akuntan publik. Sedangkan niat sebagai variabel intervening juga terbukti menjadi mediasi antara variabel gender dan pertimbangan pasar kerja dalam mempengaruhi minat mahasiswa berkarir menjadi akuntan publik. Hal ini disebabkan karena setiap seseorang yang ingin melakukan suatu tindakan akan ada niat yang menyertainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alkalam

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen menerbitkan naskah hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu komunikasi, bisnis dan manajemen. ...