Artikel ini berisikan tentang deskripsi dan analisis model evaluasi yang bisa memberikan gambaran secara Countenance /keseluruan meskipun pihak penyelenggara sudah mempunya standart sendiri tetapi peneliti ingin membandingkan (evaluasi) terhadap program pelatihan handpone yang ada di DISNAKER Kabupaten Mojokerto dengan standart yang ada dengan teori adalah standart teori evaluasi Model Countenance. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi penentuan sumber data berupa purposive atau sample bertujuan. Teknik pengambilan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahaan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, konfrimabilitas dan transferabilitas. Berdasarkan hasil analisi data dan pembahasan temuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa :1. Context dalam sebuah kebijakan atau dasarĀ program pelatihan ini adalah usulan pada musyawarah pembangunan desa untuk kegiatan pelatihan handpone. 2. Proses pelatihan service handpone mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampaiĀ akhir sudah berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan tercapainya tujuan pelatihan yang telah direncanakan. Selain itu terpenuhi aspek aspek pelatihan meliputi, pengorganisasian peserta pelatihan, adanya perlangkapan yang memadai serta sarana dan prasarana yang sudah cukup baik dalam mendukung berjalannya pelatihan. 3. Output dari pelatihan ini sendiri adalah peserta pelatihan dapat mengenali perangkat atau komponen handpone serta mengidentifikasi kerusakan hadware dan menservice perangkat handpone
Copyrights © 2019