Lembaga Bimbingan Belajar merupakan satuan pendidikan nonformal yang menyediakan kesempatan belajar kepada siswa suatu jenjang pendidikan formal guna memperdalam pemahaman pelajaran tertentu. Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami merupakan salah satu Lembaga bimbingan yang menyediakan kesempatan tersebut dengan memaksimalkan  pengelolaan pembelajarannya, karena kualitas layanan pengelolaan pembelajaran berhubungan dengan kepercayaan siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan pembelajaran dengan kepuasan peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah respondennya adalah 78 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,715 ≥ 0,2199) dan memiliki hubungan tinggi karena berada pada interval koefisien (0,60 - 0,799). Hasil uji signifikan menunjukkan bahwa harga t-hitung lebih besar dari t-tabel (8,919 ≥1.9967). Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat hubungan positif, signifikan dan searah antara pengelolaan pembelajaran dengan kepuasan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020