Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Komunikasi Matematika Siswa SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan apakah mampu memberikan peningkatan atau tidak mempunyai pengaruh yang kuat dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa. Komunikasi matematika adalah merupakan salah satu topik bahasan yang termasuk dalam kategori standart proses matematika oleh NCTM, oleh karenanya upaya peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematika si belajar/ siswa adalah hal yang perlu untuk diperbaharui ataupun ditingkatkan dari waktu ke waktu, supaya siswa mampu untuk memecahkan berbagai macam masalah matematika. Strategi pembelajaran Think-Pair-Share adalah pembelajaran, yang mampu untuk mendorong siswa untuk lebih atraktiv dan lebih aktiv. Strategi ini akan mengarahkan siswa untuk berfikir, berdiskusi dan akhirnya saling berbagi pengetahuan. Thingking, Pairing, Sharing merupakan tahapan-tahapan dalam strategi pembelajaran Think-Pair-Share. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran think-pair-share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa di kelas IX SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan, dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.
Copyrights © 2022