Artikel ini membahas tentang pengaruh strategi pemetaan konsep terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Sabbang. Pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel ini sejauh mana pengaruh penerapan pengajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII SMPN 3 Sabbang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk menjawab permasalahan dan membuktikan hipotesis, penulis melakukan penelitian berupa tindakan kelas, yaitu melakukan pengajaran dengan metode peta konsep dan mengambil sampel dengan cara Cluster Random Sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik library research, field research, wawancara dan menyebarkan pertanyaan berupa angket. Untuk mengetahui prestasi siswa dilakukan tes prestasi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan tes prestasi dianalisis secara deskriptif, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata=8.40, dengan standar deviasi = 1.42 dengan skor tertinggi =10, skor terendah = 5, untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata= 7.78, dengan standar deviasi = 1.51, skor tertinggi = 10, dan skor terendah = 5, kemudian dianalisis secara inperensial, untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dengan nilai t hit = 2.92 lebih besar dari 1.68. ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan ini hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pemetaan konsep berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMPN 3 Sabbang.
Copyrights © 2018