Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode mengajar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 031 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh civitas akademika SDN No.31 Tarobok Kec. Baebunta. Dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 92 orang. Pengumpulan data yang penulis gunakan ada dua cara, yakni library research dan field research melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa data kualitatif dianalisis menggunakan metode dedukatif - induktif , sedangkan data kuantitatif dianalisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas metode mengajar bervariasi terhadap hasil belajar siswa SDN 031 Tarobok pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dengan terlibatnya siswa secara aktif dan efektif pada pembelajaran.
Copyrights © 2018