Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan keterampilan proses. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bajok pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan tahapan masing-masing siklus adalah (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan tindakan (3) tahap observasi dan evaluasi (4) tahap refleksi. Siklus I dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Cara pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes untuk data hasil belajar matematika dan menggunakan lembar observasi untuk data tentang keadaan siswa selama proses pembelajaran pada saat pelaksanaan tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri I Bajok melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada siklus I adalah 64,42 yang termasuk dalam kategori sedang dengan simpangan baku 14,15 dari skor ideal 100. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dari siklus I ke siklus II sebesar 7,03.
Copyrights © 2020