Jurnal Konsepsi
Vol. 9 No. 4 (2021): Jurnal Konsepsi (Februari)

Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama

Nurhidayah Nurhidayah (Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif yang menganalisis data secara mendalam tidak berdasarkan angka dalam menganalisis data. Sumber data dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun objek penelitian ini adalah sebanyak 26 orang terdiri dari kepala sekolah, 21 peserta didik dan 4 guru pendidikan agama Islam yang ada di SMP Lestari Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode library research dan field research. Analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya kedalam suatu pola, kategori, dan uraian satuan dasar. Adapun hasil penelitian yakni: 1) Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Lestari Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu meliputi: a. Pengelolaan Kurikulum, b. Pengelolaan Peserta Didik, c. Evaluasi Pembelajaran. 2) Faktor-faktor yang Menghambat Pembelajaran outdoor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Lestari Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu Serta Solusi Mengatasinya yaitu: a. Keterbatasan sarana dan prasarana b. Kurangnya dukungan dari orang tua c. Kurangnya tenaga dan kemampuan guru yang cakap dalam bidangnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...