Covid-19 menjadi penyebab pandemik secara global menyebabkan banyak perubahan yang terjadi dan berdampak besar pada pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring di masa pandemik covid-19. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Data dikumpulkan melalui e-kuesioner, kemudian hasilnya diolah menggunakan aplikasi statistik (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara daring menggunakan media online pada mahasiswa IAIN Palopo belum berjalan secara efektif, 186 mahasiswa (50,8 %) mengalami kesulitan menggunakan media pembelajaran secara online. 66.1 % responden atau 242 mahasiswa mengatakan bahwa pembelajaran daring tidak membantu mereka mendapatkan pemahaman yang jelas. 172 (47,7 %) mahasiswa mengatakan bahwa kuliah daring tidak efektif karena pengajarpun kurang mampu mengoperasikan platform pembelajaran online saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga mahasiswa mengalami penurunan performa akademik, nilai IPK yang turun serta penundaan kelulusan.
Copyrights © 2021