Jurnal Konsepsi
Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Konsepsi (November)

Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Media Gambar Di MIS Nurul Ulum Sukaraya Kecamatan Bone-Bone

Ino Sulistiani (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI dalam mewujudkan wawasan pendidikan budi pekerti di MIS Nurul Ulum Sukaraya. Penelitian ini menarik dikaji, karena pembelajaran PAI selama ini cenderung ke arah kognitif dan mengabaikan aspek pembinaan kepribadian peserta didik. Sedangkan Sekolah Model Pembelajaran PAI di MIS Nurul Ulum Sukaraya ini walaupun secara intelektual dan keilmuan hampir sama dengan MIS yang lainnya, namun MIS Nurul Ulum Sukaraya ini mempunyai perbedaan dibandingkan MIS yang lain, yakni dalam Silabus ditambahkan dengan “integrasi nilai-nilai pendidikan budi pekerti”dimana pelajaran PAI sebagai leadernya dengan tetap menjaga dan menghormati pemeluk agama yang lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan pendekatan Psikologi Pendidikan yakni teori belajar Humanistik, dengan mengambil subyek MIS Nurul Ulum Sukaraya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI di MIS Nurul Ulum Sukaraya dikelompokkan menjadi tiga kelompok kegiatan, yaitu: kegiatan peningkatan implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI; kegiatan pelaksanaan pembelajaran serta kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran. (2) Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI di MIS Nurul Ulum Sukaraya ini ditinjau dari berbagai aspek telah meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta telah menghasilkan kemajuan yang cukup signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...