ABSTRAKUsaha Kecil Menengah (UKM) Maju Jaya adalah UKM yang bergerak dalam pengolahan hasil perikanan, dengan tujuan pemasarannya adalah daerah Kota Tegal dan luar kota. Produk olahan ikan yang dijual terdiri dari: keong mas, lumpia ikan, bakso ikan, empuk-empuk, otak-otak, kaki naga, nugget ikan, tekwan serta dimsum ikan. Perusahaan ini terus melakukan inovasi baik dalam proses produksi maupun produksinya. Sistem pemasaran yang masih tradisional menjadi kendala dalam peningkatan jumlah produksi mengingat kondisi pandemi saat ini mengakibatkan jumlah produksinya menurun hingga mencapai 50% - 70%. Penulis melakukan analisis strategi bisnis yang diterapkan di UKM Maju Jaya. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yakni responden berperan sebagai exspert adjusment. Tujuan penelitian ini: 1). Mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dalam pengembangan usaha UKM Maju Jaya. 2). Merumuskan strategi alternatif dan urutan strategi prioritas yang dapat diterapkan di UKM Maju Jaya agar usaha dapat berkembang. Hasil analisis matriks IFE 2.94 dan EFE diperoleh nilai sebesar 3.18. Nilai ini menghasilkan matriks IE pada posisi sel II yang mengandung arti bahwa sifat strategi adalah tumbuh dan membangun. Hasil analisis IFE dan matriks EFE menghasikan enam alternatif strategi prioritas. Hasil analisis matriks QSPM menghasilkan strategi prioritas ialah meningkatkan promosi di berbagai situs media sosial dan pasar nasional agar penjualan serta jangkauan pemasaran produk UKM Maju Jaya mengalami peningkatan dan penyebarannya secara luas. Kata kunci: EFE, IFE, IE, QSPM, Strategi Pengembangan
Copyrights © 2022