Media pembelajaran masih jarang digunakan oleh guru. Media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting untuk pembelajaran abad 21 yang harus memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu angka perkalian terhadap minat belajar matematika kelas III di Gugus 01 Darek Kecamatan Praya Barat Daya. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desain katagori Noneequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket atau kuisoner. Teknik analisis data yaitu dengan uji prasyarat 1). Uji normalitas menggunakan uji kolmogrov smirnov 2). Uji homogenitas menggunakan uji test of homogenity of varians dan 3). Uji Hipotesis menggunkan uji Paired Sample T Test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan nilai statistik dan hasil penyebaran angket siswa telah membuktikan terjadinya peningkatan minat belajar siswa kelas III di gugus 01 Darek Kecamatan Praya Barat Daya. Hal tersebut dapat dilihat dari minat belajar siswa sebelum menggunakan media kartu angka perkalian rata-rata nilai siswa 66,9 dan setelah menggunakan media kartu angka perkalian rata-rata nilai siswa 86,6. Diketahui bahwa nilai hasil posttest lebih besar dari nilai hasil pretest. Dan berdasarkan hasil hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 16,055 lebih besar dari nilai t-tabel 1,690 dengan taraf signifikan 5%. Hasil signifikasi yang didapatkan dengan uji t menghasilkan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Ha menyatakan bahwa nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan ≠ nilai rata-rata sesudah diberi perlakuan. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media kartu angka perkalian terhadap minat belajar matematika siswa.
Copyrights © 2022