Kemampuan literasi di Indonesia masih rendah berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA (Program For International Students Assessment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pohon literasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus 01 Darek Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus 01 Darek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji-t dependen yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan diperoleh hasil bahwa uji normalitas Shapiro-wilk diperoleh nilai signifikansi 0,470 > 0,005 dan 0,500 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas diperoleh signifikansi nilai (sig.2-tailed) sebesar 0,865 > 0,05 pada nilai pre-test dan 0,332 pada nilai post-test yang berarti data homogen, sedangkan uji-t dependen diperoleh signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh pohon literasi media terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pohon literasi media berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus 01 Darek Tahun Pelajaran 2021/2022.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022