Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Muatan Materi Bahasa Indonesia

Baiq Widya Ningsih (Unknown)
Siti Istiningsih (Unknown)
Ilham Syahrul Jiwandono (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flash card terhadap keterampilan membaca siswa kelas I Gugus 01 Kecamatan Pujuit. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai bahan pengembangan keilmuan bagi peneliti lain yang akan meneliti hal serupa mengenai pengaruh media pembelajaran flash card terhadap keterampilan membaca siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I Gugus 01 Kecamatan Pujut.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Analisis data menggunakan SPSS untuk melakukan uji homogenitas, uji hipotesis, serta uji normalitas.Penelitian ini dilakukan untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya terkait dengan media FLASH CARD. Hasil pada penelitian kuantitatif ini adalah pengaruh media pembelajaran FLASH CARD.Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi (sig.) sebesar 0.993> 0.05 yang menandakan data homogen, sedangkan pada uji normalitas Kolmogorov-Smirnov diperoleh siginifikansi sebesar 3,675> 0,05 sedangkan pada uji Shapiro-Wilk sebesar 0,071 > 0,05 yang menandakan data terdristribusi normal, sedangkan pada uji hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,000< 0,05 yang menandakan ada pengaruh media flash cardterhadap keterampilan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media flash card berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas I Gugus 01 Kecamatan Pujut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...