JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 1, No 1: Agustus 2014

PENDIDIKAN AGAMA BERPARADIGMA INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR (PENDEKATAN HERMENEUTIS)

Yu’timaalahuyatazaka, Yu’timaalahuyatazaka ( UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2015

Abstract

Artikel ini berjudul Pendidikan Agama Berparadigma Integratif di Sekolah Dasar (Pendekatan Hermeneutis). Artikel ini menjelaskan bahwa problem yang dialami dalam pendidikan Islam saat ini ialah problem dikotomik. Agama terpisah dari ilmu, begitupun sebaliknya. Sehingga, untuk mengatasi problem tersebut pendidikan Islam harus merubah paradigmanya dari dikotomik-atomistik menjadi integratif-interkonektif. Sehingga, paradigma integrasi ini sangat sesuai dengan realitas pendidikan Islam kontemporer dan mampu menjawab dan memecahkan problem-problem sosial dan budaya kekinian. Dengan metode hermeneutis ini pendidikan Islam terbagi menjadi dua konsep yaitu global dan lokal. Dalam proses inilah terjadi dialektika antara teks (pendidikan agama Islam), konteks (pendidikan kewarnegaraan), dan kontekstualisasi (konteks global: negara/bangsa, dan konteks lokal: keluarga, sekolah, dan masyarakat). Sehingga, pendidikan Islam dapat selalu menjawab dan memecahkan problematika kehidupan kontemporer umat.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPSD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali ...