Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli

Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran

Sumartiwi, Ni Made (Unknown)
Ujianti, Putu Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Pembelajaran matematika belum optimal dikarenakan ketersediaan media pembelajaran yang terbatas. Sebagian besar guru hanya mengandalkan materi dan soal-soal latihan yang ada dalam buku pedoman, yang cakupannya dapat digambarkan terlalu terbatas. Penelitian bertujuan menciptakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas VI SD. Jenis penelitian yaitu pengembangan media berpedoman pada model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli media dan dua ahli materi, dua orang praktisi dan sepuluh orang siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan metode kuesioner. Data dianalisis kualitatif dan kuantitatif dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor validitas dan kepraktisan media. Hasil penelitian menyatakan media audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran yang telah dikembangkan memperoleh skor validitas ahli materi 4,50 dan ahli media 4,72 sedangkan skor kepraktisan dari praktisi/guru 4,83 dan skor peserta didik 4,92 sehingga pengembangan media audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik. Implikasi dari penelitian ini yaitu peserta didik dapat belajar menggunakan media pembelajaran khususnya media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...