Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI ERA PANDEMI




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Belajar pada hakikatnya merupakan kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk menghasilkan suatu perubahan, menyangkut pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai. Manusia tanpa belajar akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang tidak lain juga merupakan produk kegiatan berpikir manusia pendahulunya. Sebagian besar model pembelajaran yang digunakan adalah on line, sedangkan pada pembelajaran on line siswa cenderung pasif karena sistem pembelajarannya dengan metode ceramah. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru adalah Pembelajaran   Project Based Learning). Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran   Project Based Learning. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 63 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68  % dan siklus 3 mencapai 73  %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas XII L2 dengan ketuntasan mencapai 100 %, dengan demikian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pembuatan bel cerdas cermat  di SMK Negeri 3  Jayapura.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...