Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran IPA dengan metode yang efektif. Metode demonstrasi dirasa cocok untuk pembelajaran IPA yang sering menggunakan berbagai percobaan untuk menyampakan materi pelajaran. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA dan memberi gambaran kepada masyarakat terhadap keefektifan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan dengan megggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil dari penelitian,. Penguasaan materi pembelajaran meningkat dari rata-rata 70,17 pada data awal menjadi 70,93 pada Siklus I Sedangkan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari semula hanya 47% pada data awal menjadi 53% pada Siklus I, terjadi peningkatan sebesar 23% pada Siklus I dan rata-rata pada Siklus II dari 78,07,sedangkan tingkat ketuntasan Siklus II sebesar 100%, meningkat 47 % pada siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan di dalam penelitian, metode demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan belajar dala mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2022