Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022

UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran IPA dengan metode yang efektif. Metode demonstrasi dirasa cocok untuk pembelajaran IPA yang sering menggunakan berbagai percobaan untuk menyampakan materi pelajaran. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA dan memberi gambaran kepada masyarakat terhadap keefektifan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan dengan megggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil dari penelitian,. Penguasaan materi pembelajaran meningkat dari rata-rata 70,17 pada data awal menjadi 70,93 pada Siklus I Sedangkan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari semula hanya 47% pada data awal  menjadi 53% pada Siklus I, terjadi peningkatan sebesar 23% pada Siklus I dan rata-rata pada Siklus II dari 78,07,sedangkan tingkat ketuntasan Siklus II sebesar 100%, meningkat 47 %  pada siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan di dalam penelitian, metode demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan belajar dala mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...