AGRISCIENCE
Vol 2, No 3: Maret 2022

Preferensi Konsumen Keripik Jagung Tatochis Produksi UD. Tajul Anwar

Agung Setia Budi (Unknown)
Isdiana Suprapti (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Keripik jagung tatochis (Tragah Tortila Chips) merupakan camilan yang dapat dikonsumsi setiap hari dengan rasa yang bermacam-macam jenisnya seperti original, pedas, manis dan pedas manis. Tidak stabilnya produksi keripik jagung tatochis berkaitan dengan selera konsumen terhadap atribut yang melekat pada produk tatochis. Tujuan penelitian ini adalah melihat preferensi konsumen dan strategi pemasaran UD. Tajul Anwar. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin dengan jumlah sampel 50 responden. Hasil analisis berdasarkan nilai utility kombinasi level atribut, konsumen lebih menyukai keripik jagung tatochis dalam kondisi masak 100 gr dengan harga Rp. 10.000, cita rasa manis memiliki ketebalan yang tipis, pembeliannya secara online dengan bahan kemasan pouch craft (kertas coklat). Berdasarkan Tingkat kepentingan konsumen atribut rasa merupakan atribut yang memiliki nilai tertinggi yakni sebesar 32.246. Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa mayoritas konsumen keripik jagung tatochis berasal dari luar Kecamatan Tragah dan mendominasi oleh perempuan berusia lebih dari 20 tahun yang memiliki penghasilan. Konsumen keripik jagung tatochis lebih tertarik melakukan pembelian secara online dengan bahan kemasan yang ramah lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...