Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 1 (2022): 2022

Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment di SMA Negeri 1 Lamongan

SOFYAN HADI (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment di SMA Negeri 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan sekolah (Action Research) dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap kegiatan pada satu putaran yaitu: perencanaan tindakan dan observasi refleksi. Penelitian tindakan dilaksanakan 2 siklus dengan mengukur kehadiran guru mengajar di dalam kelas dan disiplin kehadiran mengajar guru di kelas. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat kehadiran guru mengajar di dalam kelas yang pada siklus 1 sejumlah 90.93% meningkat menjadi 97,8% pada siklus 2 mengalami peningkatan 7,13%. Disiplin kehadiran guru mengajar di dalam kelas, guru hadir tepat waktu rata rata adalah 80,51% meningkat menjadi 98,73% pada siklus 2 mengalami peningkatan 8,22%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menerapkan reward dan punishment dapat meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is an international, peer-reviewed journal dedicated to promoting transformative and evidence-based innovations in education and learning. The journal provides a scholarly platform for disseminating cutting-edge research that bridges theory and practice, ...