Perkembangan teknologi melahirkan teknologi transportasi online yang mempertemukan penumpang sebagai pengguna jasa dengan supir dan mobil sebagai penyedia jasa transportasi dengan mudah via smartphone. Kualitas pelayanan dan harga sejauh ini dianggap menjadi faktor pertimbangan penting bagi konsumen untuk memilih salah satu diantara beberapa penyedia jasa ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pengguna Grab di Kota Sukabumi. Penelitian ini berdasarkan tingkat eksplanasinya digolongkan dalam penelitian asosiatif dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian adalah pengguna layanan jasa ojeg online Grab-Bike. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna Grab di Kota Sukabumi. Pengguna merasa nyaman dengan keramahan dan etika pengendara Grab-Bike, namun masih menilai waktu pelayanan belum optimal sesuai dengan yang dijanjikan. Harga jasa Grab-Bike sesuai dengan manfaat yang dirasakan, namun masih belum lebih murah dibanding pesaing, sehingga pelanggan masih dapat berpindah-pindah ke jasa ojeg online lain.
Copyrights © 2021