Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran citizen prosedur serta kemampuan menulis setelah pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan model citizen prosedur telah terlaksana dengan baik dannilai rata-rata siswa yaitu 80,8% dengan kategori mampu dalam menulis teks prosedur. Pada aspek isi, nilai rata-rata siswa adalah 86,5% atau dalam kategori mampu. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa adalah 98% atau dalam kategori sangat mampu. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata siswa adalah 67% atau dalam kategori cukup mampu, dan pada aspek ciri kebahasaan nilai rata-rata siswa adalah 75,6% atau dalam kategori cukup mampu.
Copyrights © 2022