Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI LUVLINGUA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO

Brigitha Wuisang (Universitas Negeri Manado)
Fince L. Sambeka (Universitas Negeri Manado)
Amelia G.Y. S Sompotan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Aplikasi LuvLingua merupakan salah satu bentuk permainan kosakata bahasa Jepang, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan agar penggunaan media aplikasi LuvLingua efektiv dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Dengan adanya penggunaan Media aplikasi LuvLingua dalam Pembelajaran kosakata bahasa Jepang pada siswa, membuat pembelajaran siswa menjadi lebih menarik, menyenangkan dan disukai karena, terdapat fitur-fitur menarik didalamnya yang sangat efektiv untuk siswa dalam belajar kosakata bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dan teknik pengolahan data berdasarkan uji-t. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 89,23 dan pada kelas kontrol 73,07, dan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh dimana ????ℎ????????????????????= 2,44 > ???????????????????????? 1,71 sehingga nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan media aplikasi LuvLingua lebih baik dari nilai rata-rata tanpa menggunakan media aplikasi LuvLingua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...