Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU

Marcellina B. Mutia (Universitas Negeri Manado)
Intama J. Polii (Universitas Negeri Manado)
Oldie S. Meruntu (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotamobagu dan 2) Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri 3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses pembelajaran. Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Pemetaan pikiran dalam bentuk gambar menarik bagi siswa, sehingga membantu siswa mengeluarkan ide/gagasan dalam bentuk kata/frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam baris dan bait puisi. Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak langsung pada kemampuan siswa menulis puisi. Kemampuan siswa menulis puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan, yakni penggunaan rima, yakni 80,61, diksi 80,12, imaji 78,20, sedangkan yang paling rendah adalah gaya bahasa, yakni 77,04. Nilai rata-rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3 Kotamobagu secara klasikal adalah 80,26%. Rata-rata kemampuan siswa berada pada rentang 80 – 89%, yakni berada pada ketegori mampu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...