Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotamobagu dan 2) Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri 3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses pembelajaran. Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Pemetaan pikiran dalam bentuk gambar menarik bagi siswa, sehingga membantu siswa mengeluarkan ide/gagasan dalam bentuk kata/frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam baris dan bait puisi. Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak langsung pada kemampuan siswa menulis puisi. Kemampuan siswa menulis puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan, yakni penggunaan rima, yakni 80,61, diksi 80,12, imaji 78,20, sedangkan yang paling rendah adalah gaya bahasa, yakni 77,04. Nilai rata-rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3 Kotamobagu secara klasikal adalah 80,26%. Rata-rata kemampuan siswa berada pada rentang 80 – 89%, yakni berada pada ketegori mampu.
Copyrights © 2022