BULETIN BISNIS & MANAJEMEN (BBM)
Vol 8, No 1 (2022): Vol. 8 No. 1, Tahun 2022

PERAN INTERNAL DAN EXTERNAL KNOWLEDGE CAPABILITY DALAM INOVASI MODEL BISNIS UKM SAAT PANDEMI COVID-19

Damayanti Damayanti (STIE YPPI Rembang)
Rikah Rikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh internal knowledge capability dan external knowledge capability terhadap inovasi model bisnis UKM saat Pandemi Covid-19. Penelitian mengambil objek penelitian di UKM batik tulis Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Total populasi ada 107 UKM dan responden yang dijadikan sampel penelitian ini sebanyak 100 UKM yaitu yang mengembalikan kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal knowledge capability berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi model bisnis UKM, external knowledge capability berpengaruh positif tidak signifikan terhadap inovasi model bisnis UKM dan internal knowledge capability dan external knowledge capability secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi model bisnis UKM. Adjusted R square mempunyai nilai sebesar 0.178. Artinya faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini meliputi internal knowledge capability dan external knowledge capability mempunyai pengaruh terhadap inovasi model bisnis UKM sebesar sebesar 17.8%, sedangkan sisanya sebesar 82.2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang diteliti. Kata Kunci: internal knowledge capability, external knowledge capability, inovasi model bisnis dan UKM

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BBM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Buletin Bisnis & Manajemen (BBM) terbit awal pada Pebruari 2015. BBM merupakan terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang. Penerbitan BBM dimaksudkan sebagai media penuangan karya ilmiah baik berupa kajian ilmiah maupun hasil penelitian di bidang bisnis ...