Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan
Vol 11 No 01 (2020): GLADI : JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Pengaruh Metode Mengajar Dan Motor Educability Terhadap Keterampilan Renang Gaya Kupu-Kupu

Maulidin (Prodi Pendidikan olahraga dan kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahraga dan Kesehatan Masyarakat,Universitas Pendidikan Mandalika)
Nune Wira Panji (Prodi Pendidikan olahraga dan kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahraga dan Kesehatan Masyarakat,Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode mengajar gaya latihan, dan metode mengajar dengan gaya komando terhadap keterampilan renang gaya kupu-kupu. Penelitian experiment dengan rancangan 2 X 2. Sampel sebanyak 60 orang untuk kemudian dilakukan tes motor educability, selanjutnya diurutkan berdasarkan skor tertinggi, dan diambil 27% kelompok atas dan 27%, masing-masing terdiri dari 15 mahasiswa. Teknik analisis data adalah dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tukey pada taraf signifikansi (0,05). Hasil penelitian ini adalah: 1) Metode mengajar gaya komando memiliki pengaruh lebih baik dibandingkan dengan metode mengajar gaya latihan tehadap keterampilan renang gaya kupu-kupu, 2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan metode latihan dan gaya mengajar komando dan motor educability tehadap keterampilan renang gaya kupu-kupu, 3) Metode mengajar gaya latihan memiliki pengaruh lebih baik dibandingkan dengan metode mengajar gaya komando bagi mahasiswa dengan kemampuan motor educability tinggi, 4) Metode mengajar gaya komando memiliki pengaruh lebih baik dibandingkan dengan metode mengajar gaya latihan bagi mahasiswa dengan kemampuan motor educability rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gjik

Publisher

Subject

Education

Description

Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan is the official research journal of physical education postgraduate department, Universitas Negeri Jakarta. Publishes research that reports educational practices in all appropriate contexts including (but not limited to) school physical education, club sport, ...