Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr
Vol 5 No 2 (2016)

IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN THALHAH BIN UBAIDILLAH PASIRMUNCANG PURWOKERTO BARAT

Sulfiyah Sulfiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2017

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis terhadap pendidikan al-Qur’an, pada abad 21 ini telah banyak bermunculan berbagai macam strategi dan metode belajar al-Qur’an yang memfasilitasi anak untuk mampu belajar al-Qur’an dengan metode dan karakteristik yang berbedabeda.Permasalahan yang dikaji dalam tulisan yang merupakan hasil penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Metode Yanbu'a dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Thalhah bin Ubaidillah Purwokerto Barat Banyumasdan factor apa saja yang mempengaruhinya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Yanbu’a dilakukan dengan beberapa langkah yaitu membagi santri menjadi kelas A dan kelas B, kegiatan pembelajaran dilakukan secara kolosal, strategi yang digunakan mengacu pada kitab Yanbu’a, materi sesuai dengan yang tertera di kitab Yanbu’a, dan memanfaatkan media belajar yang ada di TPQThalhah bin Ubaidillah. Sementara factor yang mempengaruhi implementasi metode Yanbu’a yaitu factor guru/dewan asatidz, siswa/santri, dan sarana prasarana.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

raushanfikr

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

Journal in Islamic Studies published by the Institute for Student Studies and Empowerment IAIN Purwokerto. Subjects include textual study and fieldwork with various perspectives on law, philosophy, mysticism, history, art, theology, and more. Initially, the journal only functioned as a print and ...