JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 5: Juni 2022

PENGEMBANGAN SLIDER CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SDN KEPUHKAJANG 2 JOMBANG

Nadia Setiawati (PGSD, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Diah Yovita Suryarini (PGSD, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Jarmani Jarmani (PGSD, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode konvensional dimana dapat menyebabkan siswa lebih cepat bosan saat pembelajaran itu berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media slider card yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi keunikan daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SDN Kepuhkajang 2 Jombang. Jenis penelitian adalah pengembangan media pembelajaran slider card. Hasil yang diperoleh yaitu validasi ahli media diperoleh rata – rata 83,3% dengan kategori sangat valid. Ahli materi memperoleh rata – rata 83,3% dengan kategori sangat valid. Pada uji coba kelompok besar memperoleh rata – rata sebesar 100%. Hasil belajar siswa melalui hasil pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 33,04%. Hal ini menunjukkan bahwa media slider card layak dan efektif untuk digunakan pada materi keunikan daerah tempat tinggalku

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...