JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 6: Juli 2022

PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TOPIK KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 220 GRESIK

Rossa Ilma Silvia (PGSD FBS Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Suprihatien (PGSD FBS Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Erlin Kartikasari (PGSD FBS Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar respon angket siswa. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media diorama memperolah prosentase 90% pada pertemuan pertama dan 97,5% pada pertemuan kedua sehingga dapat dikategorikan sangat baik. (2) aktivitas belajar siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik pada dua pertemuan mencapai prosentase 94%, bedasarkan taraf keberhasilan tindakan tersebut maka taraf keberhasilan aktivitas siswa dapat dikategorikan sangat baik. (3) rata-rata yang diperoleh pada lembar angket respon siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik adalah 93% dapat dikategorikan sangat baik dan respon siswa dinyatakan positif. Bedasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat mempermudah siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia topik keterampilan menulis teks narasi sederhana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...