Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 9: Juli 2022

PERLUNYA MEMPERHATIKAN DIMENSI KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK DAN BAHASA DALAM INOVASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Nor Rohmawati (Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus)
Agung Slamet Kusmanto (Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Pengembangan model pembelajaran ataupun inovasi dalam pembelajaran haruslah menyangkut kognitif ( otak) , afektif ( minat), psikomotik ( skill), dan bahasa. ini sangat dibutuhkan dalam proses belajar anak usia dini, guna membentuk karakter anak yang baik dan berpotensi serta bermoral. Pada dimensi kognitif meliputi beberapa tahap yakni, pengetahuan, pemahaman, penerapan, sintesis serta evaluasi. Kemudian pada dimensi afektif meliputi penerimaan, responsif, penilaian, organisasi, dan karakterisasi. Pada dimensi psikomotorik meliputi, peniruan, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon tampak kompleks, adaptasi, dan yang terakhir adanya penciptaan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...