Penerapan sistem informasi sebagai media pembelajaran siswa dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu sebagai alat pendukung pembelajaran interaktif, dan yang kedua sebagai alat pembelajaran online, yang dikenal dengan nama E-Learning. Tulisan ini mengkaji mengenai bagaimana sebuah institusi pendidikan dapat menerapkan sistem informasi berupa E-Learning untuk mendukung hasil pembelajaran yang lebih optimal. Peranan E-Learning di sini tidak hanya sebagai nilai tambah dan pendukung, tetapi juga dapat menjadi business drivers bagi sebuah institusi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada makalah ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan melakukan observasi lapangan melalui kuesioner kepada siswa-siswi SMA Mutiara Bangsa 2. Kemudian, data hasil belajar dengan menggunakan E-Learning diolah menggunakan software statistik. Hasil statistik menunjukkan bahwa penerapan E-Learning di sekolah dapat menunjang proses pembelajaran dan dapat menjadi salah faktor yang penting untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sebuah institusi pendidikan.
Copyrights © 2017