Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 1 (2013)

Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Benyamin Salu (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2017

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian adalah desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA 38 siswa dan IVB 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi pada strategi penemuan terbimbing dibanding strategi konvensional.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational ...