Kronologi
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Kronologi

Kesulitan Belajar Sejarah Pada Sistem Shift di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Defitri ana (Universitas Negeri Padang)
Zafri Zafri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang mengalami kesulitan belajar sejarah pada sistem shift. Solusinya adalah siswa harus memiliki kesadaran yang cukup besar untuk dapat meningkatkan perhatian, intelegensi, minat serta motivasi belajar. Sehubungan dengan itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar sejarah yang dialami siswa selama sistem shift ini diterapkan di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan fakta yang ada dilapangan mengenai kesulitan belajar sejarah yang dialami siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kusioner. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar sejarah pada sistem shift yaitu pada kesulitan berkosentrasi dan lupa dalam belajar. secara keseluruhan tingkat capaian dengan presentase 65% berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran shift adalah kesulitan berkosentrasi dan lupa dalam belajar. Kata kunci: kesulitan belajar, sejarah, sistem shift

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan ...