Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan sistem informasi berbasis enterprise Resource Planning dalam mengelola penjualan yang ada di salah satu kantor cabang salah satu perusahaan BUMN operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Peneliti juga bertujuan memberikan solusi terhadap masalah dalam penerapan sistem ERP untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Penelitian ini memakai kualitatif deskriptif dengan menggunakan indikator kesuksesan sistem oleh DeLone & McLean (1992). Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab ketidakkesuksesan sistem informasi berbasis enterprise resource planning dikarenakan adanya gangguan jaringan yang error, adanya double entri, serta kurangnya pelatihan tentang penggunaan sistem. Untuk mencapai tujuan perusahaan, seharusnya perusahaan tidak menunggu terlalu lama untuk mengganti sistem yang dinilai tidak sukses dan kantor cabang segera memberikan masukan serta melaporkan keluhan sistem kepada kantor pusat. Sistem yang seharusnya menyesuaikan kebutuhan manusia, bukan manusia yang bekerja ekstra untuk menyesuaikan diri kepada sistem
Copyrights © 2021