Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2020): September

Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Siswa

Winarni, Pudji (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 7 Gianyar di kelas V yang kemampuan siswanya untuk pelajaran PKN cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas V ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,16, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,58 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas V  SD Negeri 7 Gianyar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...