Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2021): Mei

Supervisi Kepala Sekolah Ditinjau dari Aspek Context, Input, Process, Product di Sekolah Dasar

Mitarani, Ni Nyoman (Unknown)
Putra, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Evaluasi sangat diperlukan dalam perencanaan supervise kepala sekolah. Tanpa adanya evaluasi, maka sekolah tidak mengetahui kendala yang sedang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Studi Evaluasi Supervisi Kepala Sekolah ditinjau dari Aspek (Context, Input, Process, Product) di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 64 kepala sekolah. Pengumpulan data evaluasi supervisi kepala sekolah ini dilakukan dengan metode non tes dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner langsung dan tidak langsung. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif kuantitatif, kemudian dikonversikan ke dalam Z skor selanjutnya ditransformasikan ke dalam T skor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komponen variabel context dengan efektivitas 3%, (2) efektivitas variabel input sebesar 6,3%, (3) efektivitas variabel process sebesar 3,7%, dan (4) efektivitas variabel product sebesar 21,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervise kepala sekolah termasuk dalam kuadran efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...