Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2021): September

LKPD Berpendekatan PjBL Pada Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD

Widyastari, Yuni (Unknown)
Ni Wayan Rati (Unknown)
I Nyoman Laba Jayanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Pemanpaatan LKPD yang sudah tersedia dibuku siswa dalam proses pembelajaran membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran daring. Mengingat hal tersebut perlunya pengembangan media LKPD yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan prototype perangkat pembelajaran, mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKPD berpendekatan PjBL di kelas V SD yang layak dan mengetahui respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D.  Subjek penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli desain, 2 orang ahli media, ahli praktisi dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media LKPD yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Instrumen yang dipakai dalam mengukur tingkat validitas media LKPD berpendekatan PjBL ini adalah rating scale berupa lembar penilaian media LKPD dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase guna mengetahui skor persentase validitas media LKPD. Persentase validitas LKPD yang telah di uji coba ke siswa sebanyak 25 orang memperoleh hasil persentase 97,6 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari hasil analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media LKPD berpendekatan PjBL kelas V SD dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pemeblajaran di eklas V sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...