AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 22, No 1 (2021): AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra

Pengembangan modul pembelajaran menulis teks berita berbasis metode karyawisata

Muhammad Fuad (Universitas Lampung)
Edi Suyanto (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan kerja sama antara seluruh indra dan pikiran untuk menghasilkan informasi yang benar. Khusus dalam menulis berita, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipatuhi agar tulisan yang dibuat memiliki nilai berita, di antaranya, unsur 5W + 1H. Permasalahan penelitian ini adalah siswa belum mampu menulis teks berita karena kurangnya sumber belajar yang memadai. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa modul menulis teks berita yang berbasis metode karyawisata. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Borg Gall yang mencakup tiga langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan dan validasi, dan (3) uji coba dan revisi. Penelitian ini melibatkan sejumlah siswa dan guru yang berasal dari tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Dengan modul hasil pengembangan yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi, peneliti melakukan uji coba. Selain itu, dengan desain one group pretest posttest peneliti mengolah data perbedaan nilai siswa sebelum dan setelah penggunaan modul pembelajaran menulis teks berita hasil pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dapat menjawab tantangan belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks berita. Dengan penerapan metode karyawisata, siswa dapat mengelaborasi hasil observasi dengan pancaindra dan pikiran mereka untuk menulis teks berita.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aksara

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra (Journal of Linguistics and Literature) is a biannual journal (April and October) published by the Department of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. It addresses a wide range of different fields in ...