Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) Menentukan bentuk metafora dalam teks iklan pada situs daring blibli.com, (2) Mendeskripsikan makna yang terkandung dalam ungkapan metafora pada teks iklan di situs daring blibli.com, dan (3) Menjelaskan pemanfaatan pemakaian ungkapan metafora sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini ialah wacana teks iklan yang terdapat di situs daring blibli.com. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih dengan jenis teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) dan metode padan dengan jenis referensial. Hasil penelitian ini (1) ungkapan metafora dianalisis berdasarkan bentuk, yaitu dikelompokkan ke dalam kelas kata, frasa, klausa, dan kalimat, (2) ungkapan metafora dianalisis berdasarkan makna sesuai bentuk metafora, yaitu metafora antropomorfis, metafora hewan, metafora konkret ke abstrak, dan metafora sinestesia. Kecenderungan metafora yang sering muncul dalam teks iklan di situs daring blibli.com ialah metafora antropomorfis dan metafora konkret ke abstrak, (3) pemanfaatan ungkapan metafora pada teks iklan di situs daring blibli.com sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Copyrights © 2021