AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 18, No 2 (2017): Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra

Instrumen Penilaian Buatan Guru Bahasa Indonesia SMP di Kota Bandar Lampung

Bambang Riadi (FKIP Unila)
Iqbal Hilal (FKIP Unila)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

Proses pembelajaran meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penilaian dalam suatu proses pembelajaran sangat menentukan ketercapaian tujuan. Seorang guru harus mengetahui konsep penilaian dalam pembelajaran. Dalam merumuskan itu, seorang guru akan menuangkan pemahamannya dalam sebuah penilaian. Penelitian ini mengkaji instrumen penilaian buatan guru dan mendeskripsikan instrumen penilaian yang digunakan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang karakteristik instrumen penilaian yang dibuat oleh guru. Metode peneltian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sampel 10 guru bahasa Indonesia SMP di Bandar lampung. Berdasarkan hasil penelitian mengenai instrumen buatan guru bahasa Indonesia SMP di Kota Bandarlampung didapat variasi data instrumen penilaian. Instrumen yang dibuat guru ada yang memenuhi ketentuan penilaian yang mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Namun, ada data yang menunjukan pengukuran aspek penilaian tidak sepenuhnya termuat yakni hanya memuat aspek kognitif dan psikomotor ataupun hanya memuat aspek kognitif saja. Pemahaman mengenai instrumen tersebut menjadi penting bagi guru karena proses pembelajaran yang dilakukan akan sampai pada tahap pengukuran hasil belajar yang dibuat dari instrumen penilaian. Pengukuran terhadap ranah sikap dan bentuk instrumennya perlu dipahami oleh guru lebih mendalam. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v18i2.pp145-153

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

aksara

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra (Journal of Linguistics and Literature) is a biannual journal (April and October) published by the Department of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. It addresses a wide range of different fields in ...