SITTAH: Journal of Primary Education
Vol. 1 No. 2 (2020): SITTAH: Journal of Primary Education

PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI

Sholihat Seftiani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
Afridha Sesrita (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
Irman Suherman (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi fungsional. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket kuesioner, dengan jumlah responden sebanyak 85 siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Diketahi bahwa nilai thitung 3,579 > 1,988 ttabel dengan taraf kesalahan adalah 5% dengan hasil signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Maka sesuai dengan hasil keputusan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, ada pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Besarnya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13,4%, sedangkan 86,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari profesionalisme guru terhadap  motivasi belajar siswa di SD   Negeri Cijujung 03.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sittah

Publisher

Subject

Education

Description

SITTAH: Journal of Primary Education covers the study of Islamic Education worldwide, especially at the primary school level or Madrasah Ibtidaiyah. The study should aim at gaining some new knowledge in the scope of Islamic Education or gaining any developmental advantages as these topics below: ...