Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran matematika menggunakan sofware macromedia flash pada materi geometri dan mengetahui kualitas CD pembelajaran matematika tersebut berdasarkan penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media dan siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis standar isi dilanjutkan dengan mengumpulkan referensi media, kemudian penyusunan rancangan media dan membuat CD pembelajaran. CD pembelajaran yang dibuat divalidasi oleh ahli materi dan pembelajaran, ahli media. CD pembelajaran ini memuat standar kompetensi memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan bagian-bagianya serta menentukan ukuranya. Peneliti telah berhasil mengembangkan CD pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian ahli media, materi pembelajaran serta 20 siswa SMP kelas VIII dengan skor 140,9 dari skor maximal 170 dengan persentase keidealan 82,882% sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran
Copyrights © 2021