Prosiding Sesiomadika
Vol 1 No 1b (2019)

PERAN BAHAN AJAR BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Budi Hari Priyanto (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abduloh Abduloh (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mokhammad Ridwan Yudhanegara (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang perbandingan peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi. Perbandingan dilakukan pada tiga kelompok yang dipilih secara purposive dengan teknik pencocokan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf kepercayaan 95% terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis teori van hiele berbantuan software geometer’s sketchpad, dengan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teori van hiele berbantuan software geometer’s sketchpad dan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teori konstruktivisme.  Selain itu, pada taraf kepercayaan 95%, tidak terdapat interaksi antara faktor bahan ajar dan pembelajaran dengan faktor pencapaian indikator kemampuan matematis terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi. Kata kunci: kemampuan representasi matematis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...