Mata kuliah kalkulus vektor merupakan mata kuliah yang bersifat abstrak sering kali mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengguasai pemahaman terhadap materi. Metode penelitian menggunakan metodedeskriptif kuantitatif. Padapenelitianini, subjeknya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana tingkatVI semester 7 tahun akademik 2017-2018 pada mata kuliah Kalkulus Vektor. Teknik Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakaninstrumenttes yakni soal kekampuan pemahaman Polya. Berdasarkan hasilanalisisdisimpulkan pemahaman mekanikal Soal no 3 terlihat sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 85 % dan untuk soal no 5 yakni 67 %. Soal no 1a dan 1b kemampuan induktif terlihat sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 82 % dan 85 % kemampuan pemahaman induktif. Lain hal pemahaman rasional dengansoal no 2 terlihat sebagian besar mahasiswa paham sebagian dengan presentasi 70 %dan untuk no 4 sebagian besar mahasiswa tidak paham dengan presentasi 48%. Pemahaman intuitif Soal no 6 terlihat sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 88 % dan untuk no 7 sebagian besar mahasiswa paham dengan presentasi 70%. Dari keseluruhan indikator kemampuan Polya dari hasil jawaban presntasi kemampuan rasional mahasiswa pada mata kuliah kalkulus vektor sebagian besar dalam kategori tidak paham dan paham sebagian. Mahasiwa masih lemah dalam menemukan kebenaran atau pebuktian suatu rumus terutama kelengkungan. Kata kunci: Pemahaman Polya, Kalkulus Vektor.
Copyrights © 2021