Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di salah satu SMA di Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen (pendekatan realistic mathematics education) dan kelas kontrol (pembelajaran biasa) dengan jumlah siswa yang sama sebanyak 36 siswa. Tes yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data kuantitatif penelitian menggunakan SPSS 17 for windows untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T Independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.
Copyrights © 2021