Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang lebih baik antara metode penemuan terbimbing melalui pembelajaran Pictorial Riddle dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing saja terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Cikampek dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian kuasi ekperimen dan desain penelitian adalah The nonequivalent pretest-postest control group design pada pokok bahasan bilangan bulat yang telah dilakukan di kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan VII 11 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa sebanyak 6 soal uraian. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai uji perbedaan dua rata rata peningkatan kemampuan representasi kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 0.04. Hal ini menunjukkan bahwa Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing melalui pembelajaran Pictorial Riddle lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing saja.
Copyrights © 2021