Prosiding Sesiomadika
Vol 1 No 1a (2019)

PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING MELALUI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII

Meilani Rahmawati (Unknown)
Dadang danugiri (Unknown)
hanifah nurus sopiyani (unsika)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang lebih baik antara metode penemuan terbimbing melalui pembelajaran Pictorial Riddle dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing saja terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Cikampek dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian kuasi ekperimen dan desain penelitian adalah The nonequivalent pretest-postest control group design pada pokok bahasan bilangan bulat yang telah dilakukan di kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan VII 11 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa sebanyak 6 soal uraian. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai uji perbedaan dua rata rata peningkatan kemampuan representasi kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 0.04. Hal ini menunjukkan bahwa  Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing melalui pembelajaran Pictorial Riddle lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing saja.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...