Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan siswa dalam memahami konsep matematis terhadap materi Relasi dan Fungsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah Purwakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dilakukan terhadap 25 siswa kelas VIII SMP. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang kemudian dianalisis melalui kriteria persentase kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa masih melakukan kesalahan dalam menjelaskan konsep relasi dan fungsi. Sebagian besar siswa dalam kemampuan memahami konsep berada pada kriteria sedang dan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah terhadap materi relasi dan fungsi memiliki tingkat kesalahan yang rendah atau dapat dikatakan siswa telah dapat memahami konsep secara baik namun masih terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam menjawab soal yang diberikan
Copyrights © 2020