Prosiding Sesiomadika
Vol 2 No 1a (2020)

Implementasi Pendekatan Matematika Realistik dalam Proses Pembelajaran Siswa

Elisabeth Sampeuli (Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)
Attin Warmi (Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh implementasi pendekatan matematika realistik dalam proses pembelajaran siswa. Latar belakang penulisan ini adalah masih rendahnya prestasi matematika Indonesia dimata lokal dan internasional. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka, yaitu metode mengkaji sejumlah hasil penulisan mengenai pendekatan matematika realistik. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh jurnal yang telah terakreditasi pada Google Scholar dan Portal Garuda, dengan pengambilan sampel secara purposive sampling yang berkesesuaian dengan tema penulisan yaitu sebanyak 10 jurnal. Design dalam penulisan ini hanya mengkaji sejumlah jurnal tanpa melakukan eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan kajian terhadap 10 jurnal, maka didapatkan bahwa PMR (Pendekatan Matematika Realistik) memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran siswa dan SMP merupakan jenjang pendidikan yang dirasa paling tepat dalam implementasi pendekatan matematika realistik. Penemuan lain dari mengkaji 10 jurnal memperlihatkan bahwa PMR juga berpengaruh terhadap aspek afektif siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...