Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-regulated learning siswa dalam  pembelajaran matematika pada siswa SMP yang ditinjau dari fase-fase self-regulated larning. Penelitian ini dilakukan disalah satu sekolah  SMP swasta yang ada dikabupaten Karawang, dengan subjek siswa kelas VIII B yang terdiri dari 26 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan metode survei yang berbentuk angket sebanyak 20 pernyataan yang dikelompokkan berdasarkan fase-fase  self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji persentase rata-rata. Hasil penelitian persentase rata-rata angket keseluruhan siswa sebesar 27,6%, diperoleh dari perencanaan 26,55%, pelaksanaan 28,53%, dan evaluasi 26,80%. Kesimpulannya, hanya sebagian kecil siswa dalam pembelajaran matematika atas keinginan sendiri. Sehingga self-regulated learning siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari fase self-regulated learning  pada kelas VIII B masih terbilang rendah dan rendahnya self-regulated learning siswa ini terdapat pada tahap perencanaan yakni dalam menentukan strategi yang akan digunakan belajar, serta mengatur diri untuk mempersiapkan belajar. Kata kunci: Self-Regulated Learning, fase-fase self-regulated learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020